Sejarah Singkat Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Merujuk pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 yang menyebutkan bahwa pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan, serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Walaupun demikian, pendidikan tinggi masih dirasa sebagai barang mewah dan mahal, bahkan elitis. Padahal zaman ini sudah memasuki masyarakat global, modern dan informatif serta makin menguatkan issu kebebasan, keterbukaan, HAM dan demokratisasi, oleh karena itu pendidikan menjadi kebutuhan yang tak terelakan.

Sehubungan dengan persoalan tersebut, terdapat dua sisi perjuangan yang diemban Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon karena disetujuinya Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, yaitu pertama memperjuangkan terpenuhinya kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Kedua, sebagai sumbangsih nyata pengabdian kepada masyarakat, program studi Manajemen Pendidikan Islam berencana mampu menjadi pioner dalam pemanfaatan teknologi dalam manajerial.

Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017, prodi S-2 Manajemen Pendidikan Islam dengan konsentrasi Supervisi Berbasis IT, Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini menunjukkan respon positif, hal ini diindikasikan oleh banyaknya pendaftar yaitu sebanyak 102 yang terdiri dari berbagai wilayah, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Indramayu dengan latar belakang pekerjaan yang variatif, dari PNS Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, tenaga honorer, wiraswasta. Tahun berikutnya 2017/2018 sebanyak 97 mahasiswa, 2018/2019 sebanyak 85 mahasiswa, tahun 2019/2020 sebanyak 176 mahasiswa dan tahun 2020/2021 sebanyak 183 mahasiswa.

Pada penghujung tahun 2020 IAI BBC mendapatkan penghargaan sebagai Rintisan Smart Campus terbaik di tingkat nasional dari Kementerian Agama melalui Diktis atas keberhasilan menyelenggarakan digitalisasi, yaitu dalam hal pelayanan akademik, non-akademik dan pembelajaran. Hal ini semakin memotivasi program studi Manajemen Pendidikan Islam untuk senantiasa meningkatkan kualitas sistem pembelajaran baik yang terkait dengan kurikulum, tenaga pengajar maupun fasilitas dalam menunjang sistem pembelajaran. Selain itu, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAI Bunga Bangsa Cirebon juga melakukan rekruitmen tenaga-tenaga pengajar yang berkompeten dan tersertifikasi di bidang keilmuan dengan gelar akadamik tertinggi yaitu guru besar/profesor dan pendidikan S3 atau dari perguruan tinggi  terkemuka di Indonesia. Untuk menjamin standar kualitas sistem pembelajaran dan kualitas lulusan Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Pascasarjana IAI Bunga Bangsa Cirebon pada akhir tahun 2017 telah terakreditasi “B” BAN-PT. Sehingga, output yang dihasilkan dari proses sistem pembelajaran memenuhi standar kualitas mutu lulusan yang dibutuhkan oleh kalangan lembaga, organisasi dan masyarakat.

Kunjungi Kami